MODUL 3
PERCOBAAN 3 KONDISI 1
1. Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
2. Buat program di aplikasi arduino IDE
3. Setelah selesai masukkan program ke arduino di proteus
4. Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
5. Selesai
2. Hardware dan diagram blok
[Kembali]
a. hardware
1. Arduino Uno
2. Keypad
3. LCD
2. Keypad
3. LCD
b. Digram Blok
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja
[Kembali]
Rangkaian sebelum disimulasi
PRINSIP KERJA
Pada rangkaian tersebut, dipswitch berperan sebagai input yang dihubungkan ke kaki analog arduino. outputnya yaitu 7-segment common cathode.
Rangkaian dapat disimulasikan setelah kodingan arduino dari arduino IDE dimasukkan ke arduino pada proteus. Dimana kodingan arduino diatur untuk key 1 - 9 menampilkan karaktaer nomor 1 - 9 secara berurut di kolom pertama LCD
4. FlowChart
[Kembali]
a. Listing Program
Master
//Master
#include <Keypad.h>
#include <Wire.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'},
};
char rowPins[ROWS] = {5, 4, 3, 2};
char colPins[COLS] = {11, 12, 13};
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Wire.begin(); // join i2c bus (address optional for master)
}
//byte x = 0;
void loop(){
char key = keypad.getKey();
if (key) {
Wire.beginTransmission(4); // transmit to device #4
Wire.write(key);
Wire.endTransmission(); // stop transmitting
}
}
Slave
//Slave
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Wire.h>
LiquidCrystal lcd(7, 6, 5, 4, 3, 2); // Sesuaikan pin sesuai dengan koneksi LCD
void setup()
{
lcd.begin(16, 2);
Wire.begin(4); // join i2c bus with address #4
Wire.onReceive(receiveEvent); // register event
Serial.begin(9600); // start serial for output
}
void loop()
{
delay(100);
}
// function that executes whenever data is received from master
// this function is registered as an event, see setup()
void receiveEvent(int howMany)
{
char c = Wire.read(); // receive byte as a character
Serial.println(c); // print the character
lcd.clear();
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print(c);
delay(100);
}
b. Flowchart
Master
Slave
5. Kondisi
[Kembali]Percobaan 3 Kondisi 1
key 1 - 9 menampilkan karaktaer nomor 1 - 9 secara berurut di kolom pertama LCD
6. Video Simulasi
[Kembali]
7. Download File
[Kembali]
Download HMTL Klik disini
Download Simulasi Rangkaian Klik disini
Download Video Simulasi Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet keypad klik disini
Download Datasheet LCD klik disini
No comments:
Post a Comment