Tugas Pendahuluan M2 P3K1



MODUL 2
PERCOBAAN 3 KONDISI 1

1. Prosedur
[Kembali]

1. Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
2. Buat program di aplikasi arduino IDE
3. Setelah selesai masukkan program ke arduino di proteus
4. Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
5. Selesai

2. Hardware dan diagram blok [Kembali]
      a. hardware
                     

                                                  
1. Arduino Uno
2. Dipswitch_4
3. 7-Segment common cathode
            b. Digram Blok





3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]

                                                             Rangkaian sebelum disimulasi
                                        

Rangkaian setelah disimulasi

PRINSIP KERJA
Pada rangkaian tersebut, dipswitch berperan sebagai input yang dihubungkan ke kaki analog arduino. outputnya yaitu 7-segment common cathode. 
Rangkaian dapat disimulasikan setelah kodingan arduino dari arduino IDE dimasukkan ke arduino pada proteus. Dimana kodingan arduino diatur untuk dapat menampilkan angka pada 7 segmen sesuai dengan Kondisi yang diberikan. Maksudnya, ketika satu switch pada dipswitch di-on kan, maka 7 segmen akan menghitung mundur dari 10, begitu juga untuk switch yang lain.

4. FlowChart [Kembali]
a. Listing Program 
#define a 6
#define b 7
#define c 8
#define d 9
#define e 10
#define f 11
#define g 12
#define dp 13
#define D1 4
#define D2 5
#define Dsw1 A0
#define Dsw2 A1
#define Dsw3 A2
#define Dsw4 A3
bool sw1,sw2,sw3,sw4;
int segments[] = {a, b, c, d, e, f, g};
byte digitPatterns[10][7] = {
 {1, 1, 1, 1, 1, 1, 0}, // 0
 {0, 1, 1, 0, 0, 0, 0}, // 1
 {1, 1, 0, 1, 1, 0, 1}, // 2
 {1, 1, 1, 1, 0, 0, 1}, // 3
 {0, 1, 1, 0, 0, 1, 1}, // 4
 {1, 0, 1, 1, 0, 1, 1}, // 5
 {1, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 6
 {1, 1, 1, 0, 0, 0, 0}, // 7
 {1, 1, 1, 1, 1, 1, 1}, // 8
 {1, 1, 1, 1, 0, 1, 1} // 9
};
void setup() {
 for (int i = 0; i < 7; i++) {
 pinMode(segments[i], OUTPUT);
 }
 pinMode(dp, OUTPUT);
 pinMode(D1, OUTPUT);
 pinMode(D2, OUTPUT);
 pinMode(Dsw1, INPUT_PULLUP);
 pinMode(Dsw2, INPUT_PULLUP);
 pinMode(Dsw3, INPUT_PULLUP);
 pinMode(Dsw4, INPUT_PULLUP);
 Serial.begin(9600);
}
void number(int display) {
 if (display >= 0 && display <= 9) {
 for (int i = 0; i < 7; i++) {
 digitalWrite(segments[i], digitPatterns[display][i]);
 }
 }
}
void loop() {
 int sw1 = digitalRead(Dsw1);
 int sw2 = digitalRead(Dsw2);
 int sw3 = digitalRead(Dsw3);
 int sw4 = digitalRead(Dsw4);
 static int digit = 1; // Digit yang sedang ditampilkan (1 atau 2)
 static int count = 0; // Counter untuk digit
 static unsigned long lastTime = 0; // Waktu terakhir pembacaan tombol
if (sw1 == LOW) {
 if (millis() - lastTime > 1000) { // Debouncing
 lastTime = millis();
 digitalWrite(D1, HIGH);
 digitalWrite(D2, LOW);
 for (int i = 9; i >= 0; i--) {
 number(i);
 delay(500); // Delay agar Anda bisa melihat perubahan digit
 }
 }
}
else if (sw2 == LOW) {
 if (millis() - lastTime > 1000) { // Debouncing
 lastTime = millis();
 digitalWrite(D1, HIGH);
 digitalWrite(D2, LOW);
 for (int i = 9; i >= 0; i--) {
 number(i);
 delay(500); // Delay agar Anda bisa melihat perubahan digit
 }
 }
}
if (sw3 == LOW) {
 if (millis() - lastTime > 1000) { // Debouncing
 lastTime = millis();
 digitalWrite(D1, LOW);
 digitalWrite(D2, HIGH);
 for (int i = 9; i >= 0; i--) {
 number(i);
 delay(500); // Delay agar Anda bisa melihat perubahan digit
 }
 }
}
else if (sw4 == LOW) {
 if (millis() - lastTime > 1000) { // Debouncing
 lastTime = millis();
 digitalWrite(D2, HIGH);
 digitalWrite(D1, LOW);
  for (int i = 9; i >= 0; i--) {
 number(i);
 delay(500); // Delay agar Anda bisa melihat perubahan digit
 }
 }
}
}

b. Flowchart







5. Kondisi [Kembali]
Percobaan 3 Kondisi 1
Setiap 1 Switch aktif, 7 segment akan menghitung mundur dari 10
6. Video Simulasi [Kembali]







7. Download File [Kembali]

Download HMTL Klik disini
Download Simulasi Rangkaian Klik disini
Download Video Simulasi Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet Dipswitch  klik disini
Download Datasheet 7 segmen klik disini

No comments:

Post a Comment